Senin, 15 Juli 2013

Kebaikan dan Keburukan

Sobat yang dirahmati Allah SWT,

Dalam hidup kita pasti pernah berbuat kebaikan dan keburukan, tapi yang lebih sering yang mana yah.....? yang pasti hanya Allah dan diri kita yang tahu. Dan sobat perlu tahu juga bahwa setiap yang kita perbuat itu pasti dicatat oleh Malaikat yang bertugas mencatata kebaikan dan keburukan manusia.
Yuk, simak hadits di bawah ini....
Dari Abdullah bin Abbas,  Rasul SAW bersabda: “Bahwasanya Allah mencatat kebaikan dan keburukan, lalu menjelaskannya: “Barangsiapa berniat untuk berbuat baik sekalipun belum dilaksanakan maka ia dicatat satu kebaikan, kemudian jika ia melaksanakan, maka dicatat sepuluh sampai tujuh ratus kebaikan atau lebih. Dan Barang siapa berniat buruk tetapi tidak sampai dilaksanakan, maka baginya satu kebaikan. Dan jika dilaksanakan, maka ditulis satu dosa”. (HR. Bukhari-muslim)

Jadi kesimpulan dari hadits di atas adalah :

- Allah mencatat segala aktivitas yang kita kerjakan

- Niat baik yang tidak terlaksana : mendapat satu kebaikan

- Niat baik yang terlaksana : mendapat 10 – 700 kebaikan/lebih

- Niat buruk yang tidak terlaksana : mendapat satu kebaikan

- Niat buruk yang terlaksana : mendapat 1 dosa

Adapun hikmah dari hadits di atas yaitu :

- Mawas diri, karena merasa selalau dicatat Allah

- Memotivasi berbuat kebaikan

- Membuka hati akan kemurahan Allah

Nah, sekarang sudah tahu kan sobat tentang kebaikan dan keburukan, semoga kita termasuk orang yang memiliki banyak kebaikan dibandingkan keburukan.... Amin!
Tapi itu semua kembali ke diri kita masing-masing, bahwa semua ini adalah pilihan dan pilihan itu yang nanti akan dihisab di yaumul akhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar