Senin, 15 Juli 2013

Pengertian Shalat Lima Waktu


Pembahasan tausiyah singkat kali ini, memang pembahasan yang mungkin sebagian besar dari sobat semua sudah mengetahuinya, tetapi sobat bisa share ke sobat yang belum mengerti tentang pengertian shalat lima waktu.

Biasanya sih, orang yang tidak pernah melaksanakan shalat dan muallaf yaitu orang yang baru masuk islam, nah merekalah yang perlu di share… Ok Sobat!

Shalat limat waktu adalah kewajiban yang harus dikerjakan oleh setiap orang islam baik yang laki-laki maupun yang perempuan, karena shalat lima waktu itu hukumnya wajib dan memang diperintahkan oleh Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT yang tertuang dalam surat Al-Israa ayat 78, yang artinya : Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).

Nah, berikut adalah pengertiannya tentang shalat lima waktu yang terdiri dari shalat subuh, shalat dzuhur, shalat ashar, shalat maghrib dan shalat isya. Pengertiannya yaitu :

1. Shalat Subuh yaitu shalat yang dikerjakan dua rakaat dengan satu kali salam. waktunya dilaksanakan sesudah fajar, untuk shalat sunnahnya hanya ada qobliyah saja yaitu sebelum shalat subuh.

2. Shalat Dhuhur yaitu shalat yang dikerjakan empat rakaat dengan dua kali tasyahud dan satu kali salam. Waktunya dilaksanakan di siang hari tepat matahari berada diatas, untuk shalat sunnahnya ada qobliyah dan ada ba’diyah.

3. Shalat Ashar yaitu shalat yang dikerjakan empat rakaat dengan dua kali tasyahud dan satu kali salam. Waktunya dilaksanakan sesudah matahari tergelincir pada sore hari, Untuk shalat sunnahnya hanya ada qabliyah saja.

4. Shalat Maghrib yaitu shalat yang dikerjakan tiga rakaat dengan dua kali tasyahud dan satu kali salam. Waktu dilaksanakannya sesudah matahari terbenam, untuk shalat sunnahnya ada qobliyah dan ada ba’diyah.

5. Shalat Isya' yaitu shalat yang dikerjakan empat rakaat dengan dua kali tasyahud dan satu kali salam. Waktu dilaksanakannya pada saat menjelang malam, untuk shalat sunnahnya ada qobliyah dan ada ba’diyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar